Perumpamaan Pohon Kebaikan


" Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat, dan cabangnya menjulang ke langit."
" Pohon itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan izin Tuhannya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia agar mereka selalu ingat."
" Dan perumpamaan kalimat yang buruk, yang telah dicabut akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap tegak sedikit pun."
Perumpamaan Pohon Kebaikan (Q.S. Ibrahim, 24,25,26)





Sungguh Allah telah memberikan kasih sayang yang tiada tara kepada semua makhluknya, terutama manusia untuk menjadi makhluk yang sempurna diantara makhluk ciptaan lainnya. Manusia adalah makhluk yang istimewa di mata Allah, dengan perumpamaan yang tertuang dalam Surah Ibrahim 24-26, Dia mengingatkan kepada hambanya agar selalu bertaqwa kepadanya.

Perumpamaan kalimat itu seperti pohon yang baik, yang memiliki akar kuat menghujam ke dalam tanah, dan cabang yang menjulang ke langit. Pohon itu menghasilkan buah pada setiap watu yang telah ditetapkan.

Mari kita membayangkan sebuah pohon yang baik. Ada akarnya yang kuat, batangnya yang kokoh, ranting-rantingnya, daun-daunnya yang lebat, serta buah yang banyak. Pohon itu banyak sekali memberikan manfaat untuk kehidupan baik tumbuhan lain yang berada disekitarnya, binatang-binatang dan juga manusia. Jika kita menggoyang-goyangkan pohon itu maka turunlah buahnya, Jika kita lempar pohon itu dengan sesuatu ke arah ranting yang ada buahnya, maka pohon itu pun memberikan buahnya. Maha Besar Allah atas segala ciptaannya.

Kita dapat menciri-cirikan pohon yang baik itu sebagai berikut;

1. Memiliki akar yang kuat.

Hanya akar yang kuat yang mampu menahan batang yang akan tumbuh tinggi ke langit.
Hanya iman yang kuat yang mampu melakukan ibadah dengan ikhlas kepada Allah.

Akar disini adalah pondasi awal dari sebuah pohon sebelum tumbuhnya batang.
Akar pada manusia adalah aqidah atau keimanan. Allah telah memberikan kita, orang islam 6 rukun iman yaitu percaya kepada Allah, Malaikat, Rasul, Kitab, Kiamat, Taqdir. Kita harus mempercayainya utuh, seyakin-yakinnya tanpa ada keraguan karena telah jelas adanya untuk menumbuhkan ibadah yang baik. Keimana ini harus dipupuk semenjak dini, mulai dari rahim, bayi, anak-anak, dewasa sampai tua, hanya iman yang akan dapat menumbuhkan kita ke arah kebaikan.


2. Memiliki cabang yang menjulang ke langit

Cabang pohon adalah bentuk paling kokoh yang akan menghantarkan perkembangan menjadi ranting, daun dan buah. Cabang pohon ini akan terus tumbuh jika pada akarnya baik.
Cabang pada manusia adalah Ibadah atau sesuatu yang syariat yang harus dilakukan seseorang. Allah telah memberikan 5 rukun Islam kepada kita untuk dijalankan dengan sesungguh-sungguhnya dan dengan keyakinan yang kuat, agar ibadah yang kita lakukan bagus dan baik disisi Allah. 5 rukun Islam yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji.


3. Menghasilkan buah

Menghasilkan buah adalah ciri-ciri yang dapat terlihat dari segi manfaatnya. Pohon yang baik pasti menghasilkan buah yang banyak dan enak.

Buah pada manusia adalah amal perbuatan yang menjadi kebiasaan pada orang tersebut untuk berbuat baik. Buah ini dapat dirasakan kepada siapa saja yang ditemuinya. Buah ini menjadi akhlak mulia dan perbuatannya pun selalu menguntungkan dan menyenangkan orang lain, sehingga kehadirannya pun selalu ditunggu oleh banyak orang dan Allah pun ridho atas apa yang diperbuatnya karena perbuatannya itu selalu dilandaskan dengan syariat yang kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dari Nasehat Nabi Muhammad terhadap Abu Dzar Al-Ghifari

Jalan yang Lurus